Pulau Poncan Gadang, Sibolga : 14 – 16 Agustus 2009

Pulau Poncan Gadang, sebuah pulau yang berada di sisi timur Sibolga, Sumatera Utara. Di pulau ini bisa didapatkan rasa santai, damai, sepi, dan suasana pantai yang pengen gw dapatkan saat gw di ajak kesana. Di pulau ini dan di beberapa pulau disekitarnya, bisa dilakukan kegiatan memancing ikan, menyelam, atau sekedar berenang di sekitar pantainya. Keren banget nih pulau. Nah, simak beberapa informasi yang bisa gw share di bawah ini yah?.

Sunset @ Poncan Gadang Island, Very Beautiful ...

Perjalanan kali ini cukup berbeda dengan perjalanan lain sebelumnya, karena lamanya perencanaan yang memakan waktu sekitar satu minggu namun pemikiran tentang kondisi lokasi serta sarana transportasi menuju kesana agak kurang terfikirkan hingga saat-saat terakhir. Dan akhirnya, kami memutuskan untuk pergi dengan menggunakan transportasi umum yaitu taksi. Taksi disini tidak seperti yang gw bayangkan, karena ternyata taksi disini adalah kendaraan travel berupa mitsubishi L-300. Dengan biaya rp. 100.000 per orang, akhirnya berangkatlah kami semua menuju ke Sibolga, kota terdekat menuju pulau Poncan Gadang.

Taksi Simpati ...

Jum’at malam, berangkatlah kami semua menuju kota Sibolga. Waktu tempuh adalah sekitar 9 jam, yaitu berangkat pukul 20.00 WIB dan sampai di kota Sibolga pukul 05.00 WIB di hari berikutnya. Setelah pagi menjelang, akhirnya kami menuju ke pelabuhan hotel Wisata Indah yang sepertinya juga pengelola hotel di pulau Poncan Gadang. Kami bersama menyeberang dengan menggunakan perahu boat kecil dengan waktu tempuh hanya sekitar 10 menit saja, dan sampailah kami di pulau Poncan Gadang tujuan kami itu.

Hotel Wisata Indah ...

Gerbang Selamat Datang Pulau Poncan Gadang

Pelabuhan Pulau Poncan Gadang dan Alat Transportasinya

Setelah menilik kondisi penginapan yang akan kami sewa, akhirnya kami memutuskan untuk menyewa dua buah cottage dengan biaya rp. 300.000 per malam termasuk dengan biaya penyeberangan pulang dan pergi dari pulau Poncan Gadang ke Sibolga. Jika tanpa menginap, maka biaya penyeberangan pulang dan pergi dari pulau Poncan Gadang ke Sibolga dikenakan biaya rp. 300.000 juga. Wah, mending sekalian nginep donk kalau begitu.

Villa tempat menginap, keren khan?

Pekarangan Villa ada saung nya lho ... Keren ...

Teras villa ...

Dari Saung Langsung ke Pantai ...

Jalanannya rapi dan bersih lho ...

Siang sampai menjelang sore di pulau Poncan Gadang itu kami isi dengan bermalas-malasan dan tidur sekenanya, demi membayar sedikit ketidaknyamanan dalam perjalanan semalam dari Medan menuju Sibolga sepanjang kurang lebih 350 km. Sorenya, kami kembali bermalas-malasan di tepi pantai sambil berendam dan mencari karang kecil untuk kenang-kenangan pulang kembali nanti, seperti anak kecil khan?.

Pantai ...

Pantai Lagi ...

Damainya senja ...

Kondisi villa yang kami inapi di pulau Poncan Gadang relatif cukup bagus, lengkap dengan air panas dan air dingin, teras serta kursi kayu, dan pemandangan yang langsung menghadap ke laut. Di sekitar villa pun banyak terdapat pohon kelapa yang menambah teduhnya suasana pantai. Gw acungi jempol lah untuk hal ini.

Teduh khan? ...

Namun ada beberapa hal yang sepertinya perlu mendapatkan perhatian, seperti sarana bersantai ria di tepi pantai yang berupa kursi malas yang kurang terawat, saung tepi pantai yang agak kotor, tong sampah yang sudah di gerus karat, sarana mushola yang kurang baik, dan yang terutama adalah banyaknya nyamuk, hihi.

Padahal asik kalo bisa boboan di situ ...

Hmmmmmm ...

Tapi, sekali lagi gw acungi jempol untuk penanganan nyamuk, selama gw 2 hari dan 1 malam berada disana, tercatat 2 kali pengelola penginapan melakukan penyemprotan nyamuk, sehingga kendala banyaknya nyamuk pun sepertinya bisa diabaikan. Mantab.

Semprot baaaang ... :-)

Setelah semalam berada disana, akhirnya kami harus segera kembali ke Medan, sebab salah satu rekan perjalanan gw mengalami kecelakaan di pinggir pantai sehingga tangannya patah di siku dan harus ditangani dengan serius. Dan keputusan kami untuk kembali segera ke Medan ternyata tepat, cidera yang dialami rekan gw ini cukup serius sehingga tangannya harus di operasi.

Pulau Poncan Gadang cukup rekomen untuk didatangi bagi rekan-rekan yang ingin mendapatkan suasana yang sepi, santai, dan indah. Jangan lupa bawa dana cash agak banyak, di pulau ini makanan sepertinya hanya bisa di dapat di restoran penginapan dan tidak ada ATM di sekitar pulau, hehe.

Menjauh dari pulau untuk kembali ke Sibolga, lanjut ke Medan ...

Bye Poncan Gadang, sampai jumpa lagi ...

Thanks to :

  • Allah SWT, yang telah memberikan rezeki dan kesehatan
  • Taksi Simpati, untuk transportasi pulang dan pergi dari Medan ke Sibolga
  • Hotel Wisata Indah dan Penginapan di Villa Pulau Poncan Gadang
  • To all my friends yang sudah mengajak dan menemani gw jalan-jalan sampai sejauh ini.
About these ads

11 Responses to Pulau Poncan Gadang, Sibolga : 14 – 16 Agustus 2009

  1. Hi, Bang Khoent. Saya ingin menanyakan tentang tulisan Abang tentang “dua buah cottage dengan biaya rp. 300.000 per malam”. Kira2 cottage itu bisa muat berapa orang? Kemudian, untuk perahu kecil dari Sibolga ke Poncan punya jadwal tertentu? Pergi jam berapa? Pulang jam berapa?

    Well, saya rencana mengunjungi tempat itu tgl 20 September 2009. Mohon bantuannya.

    Thanks You!:)

    Regards;
    Eddie

    • khoent says:

      maaf baru balas … soalnya kemaren dalam perjalanan jadi susah memantau blog, hehe …
      satu cottage muat untuk dua orang, tapi keknya lebih pun bisa soalnya di kamar cukup luas, mayan lha.
      perahu kecil disediakan oleh pihak hotel di Sibolga, jadi 300k itu sudah termasuk biaya penyebrangan dan bisa berangkat kapan saja sesuai keinginan tamu.
      maaf yah telat memberikan informasi? … :-)

  2. meutia86 says:

    Permisi mas…mw numpang tanya nieh… tuh sewa cottagenya Rp.300.000 utk 2 cottage pa satu cottage…klo bisa blasnya cepatan dikit ya mas… soalnya da rencana juga nie mw k sana…tapi masih minim informasi…oh ya mas satu lagi…klo sewa boatnya berapa ya…ditunggu balasannya….

  3. khoent says:

    300k itu biaya utk per kamar, ada 2 tempat tidur disana. Dan biaya itu sudah termasuk biaya utk penyeberangan .. :-p

  4. kapan bisa kesini yaa :(

  5. kalau ada rencana yang mau kesana kabari ya….
    biar perginya bareng-bareng kan enak rame….
    kabari ke email ku ya..
    herrysiswanto97@yahoo.co.id

  6. kira2 biaya nyelam dsana brp yh?

  7. mas,mau nanya untuk masalah transportaasi dari sibolga ke pulau poncan.rencana saya pergi naik mobil pribadi.nah,gimana tuh?apa mobil bisa di seberangin juga?makasih mas buat jawaban nya.

    • khoent says:

      Sepertinya mobil tidak bisa diseberangkan, tp bisa di parkir di hotel yang kebetulan pengelola pulau poncan dan pelabuhan kecil utk penyeberangannya, jadi cukup aman lha .. :p

  8. maaf mas, kami rencana malam natal dan tahun baru mau kesibolga.
    kira” bisa nggak mas, mas rincikan, biaya atau budget keliling sibolga, termasuk nginap dihotel satu minggu.

    tolong ya mas

    • khoent says:

      Waduh, kayaknya sulit tuh untuk ngitungnya, karena sudah lama ndak kesana dan gak tau lagi skrg perubahan-perubahan faktor biayanya berapa saja, hehe, maaf ndak bisa bantu .. :p

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: