BK Kau Sudah Pakai 3 Huruf?

Rekan-rekan pasti agak bingung dengan judul tulisan gw kali ini, iya khan?, ngaku aja, gak papa koq, hihi. BK yang di maksud pada judul tulisan gw kali ini maksudnya adalah plat nomor kendaraan. Di kota tempat gw merantau saat ini, Medan – Sumatera Utara, BK adalah kata yang sangat umum diucapkan dalam berbagai kesempatan untuk merujuk pada plat nomor kendaraan. Bahkan, bapak-bapak petugas kepolisian yang pernah memberhentikan kendaraan gw pada saat bertugas untuk pemeriksaan rutin atau razia pun mengucapkan kalimat “tolong perlihatkan surat BK kendaraannya”. Unik khan?. Dan konon kabarnya di wilayah Propinsi Aceh pun plat nomor kendaraan berganti kata menjadi BL, hihi.

Plat Nomor Tiga Huruf di Medan

Banyak kata-kata yang asing di telinga gw pada saat kedatangan gw ke Medan hampir setahun lalu. Diantaranya kata “kereta” atau “Honda” yang merujuk pada kendaraan roda dua. Dalam suatu kesempatan, gw sempat terperangah dengan tulisan “Parkir Kereta” di depan stasiun di kota Medan. Alamak, bakalan panjang betul parkirannya jika kereta parkir di situ. Dan ternyata itu merujuk kepada parkiran khusus kendaraan roda dua. Atau, ada seorang kawan yang bertanya kepada saya, “bang, Honda abang yang Yamaha Scorpio ada dimana bang?”.

Tapi, bagaimana pun juga, itulah Indonesia, Kaya akan keragaman bahasa dan budaya, selain keragaman yang lain tentunya. Dan gw bangga menjadi salah satu putra Indonesia.

Nah, kembali ke permasalahan BK di Medan yang sudah menjadi tiga huruf di belakang angka, ini artinya adalah perkembangan jumlah kendaraan roda dua di Medan sudah sangat pesat dan mengikuti jejak ibukota Jakarta yang sejak beberapa tahun lalu telah terlebih dahulu memberlakukan plat nomor dengan tiga huruf di belakang angka. Dan hal ini konon kabarnya diberlakukan karena cadangan kombinasi angka dan dua huruf sudah habis. Eh, bukan konon kabarnya kali yah?, lebih tepatnya mungkin kenyataan, hihi.

Semoga perkembangan pesat dalam jumlah kendaraan roda dua ini dapat diikuti dengan pembekalan tata tertib berlalu lintas yang lebih baik lagi, agar angka jumlah kecelakaan tidak mengikuti perkembangan angka jumlah kendaraan beroda dua. Aamiinnnn …

About these ads

12 Responses to BK Kau Sudah Pakai 3 Huruf?

  1. berarti populasi motor di Medan sudah membengkak ya oom..

    • khoent says:

      Yup, sepertinya sih begitu. Dan lagi, luas propinsi Sumbagut khan jauh lebih besar di banding ibukota Jakarta, kota satelit di propinsi ini pun sangat banyak, semisal kota kecil di sekitar Medan, Tebing Tinggi, Siantar, Parapat, Sibolga, Pangkalan Brandan, dan lain-lain.

  2. walah, depannya udah 2 huruf, belakangnya 3
    berarti ukuran hurufnya dikecilin nih

  3. robbymilo says:

    OOT: suatu ketika Oma gw main ke Bandung, waktu dijalan ada mobil yang ngelabrak lampu merah. Si Oma ‘ALM’ (InsyaAllah amal ibadahnya diterima disisi-Nya) kontan teriak: “oi, catet BG-nyo.. cepet catet BG-nyo”. hihihi… padahal bandung kan plat “D”

  4. jomblo ati says:

    sama bro, kalo di malang semua motor 4 tak nyebutnya honda. :)

  5. beritacuaca says:

    Kenapa kok bisa sampek 3 huruf gitu yah? seperti juga Jakatra. Jadi penuh tuh plat nomor :mrgreen:
    Kalo di area Surabaya (Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Mojokerto) dulu awal tahun 2000an berganti plat nomornya dari L semua menjadi cuma Surabaya aja, lainnya pake huruf W. Eh beberapa tahun yang lalu Mojokerjo dan Gresik ganti jadi S. Mungkin untuk menyiasati biar kagak jadi 3 huruf dibelakangnya :D

  6. lischantik says:

    hehehe kok berasa aneh di telinga lilis, lilis baru pertama ini denger BK, BL :)

  7. cicakmerah7 says:

    di aceh bukan konon kabarnya lagi.. emg NOPOL alias PLAT NOMOR itu sebutannya BL. BLnya berapa? wah BLnya merah, paten tuh bang BLnya BL 4 CK.
    n klo urusan kendaraan roda 2 emg disebut HONDA, kesini2 jadi kereta. tapi masih banyak koq yg nyebut HONDA. kendaraan roda 4 alias MOBIL, malah disebut MOTOR/MOTO.

    sejak ane pindah ke bandung, agak bingung juga sih, kebiasaan ma sebutan di kampung.. hihi…

    btw, jkt 3 huruf sejak 2005 kan ya.. medan 2011.. kira2 yg bakal nyusul kota mana ya? surabaya kah?

  8. Gus Pur says:

    siip siip siip

  9. 7leopold7 says:

    Pakhabar Bro..salam Milys..

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: