Outbound, Lido – Jawa Barat : 20 – 22 Juni 2008

Kali ini perjalanan yang gw alami akan sedikit berbeda, karena gw tidak menggunakan kendaraan favorit gw, si Blekok masih belum sempurna perbaikannya dan ada sedikit peraturan dari penyelenggara kegiatan yang akan dijalani selama 3 hari 2 malam ini untuk wajib menggunakan kendaraan yang disediakan oleh panitia. Yah sudahlah.

Kegiatan Outbound yang diselenggarakan oleh tempat gw bekerja ini di beri tajuk “Team Building Meningkatkan Kerjasama dan Layanan Kita Bagi Perusahaan” dan bekerja sama dengan penyelenggara Outbound LP2MM. Kegiatan Outbound ini dilaksanakan di Lido Lake Resort, berlokasi sekitar 90km dari pusat ibukota DKI Jakarta, atau sekitar 15km dari pintu tol Ciawi, Bogor, Jawa Barat, ke arah Sukabumi. Estimasi waktu untuk mencapai ke lokasi dari kantor tempat gw bekerja adalah sekitar 2 jam dengan menggunakan bus dan melewati jalan bebas hambatan alias tol.


Jum’at, 20 Juni 2008

Bangun di pagi hari dan langsung mengemas pakaian untuk ganti selama kegiatan di lokasi Outbound. Tas Bodypack seri Primary yang sudah bersama gw sejak 5 tahun terakhir dan telah mengalami satu kali perbaikan serta masih tersisa kerusakan zipper di bagian depan sudah terisi dengan rapi sebuah notebook, GPS, multitools, serta beberapa lembar kaos, celana jeans, charger. Setelah siap semua, langsung berangkat ke kantor dan bekerja seperti biasa.

Setelah melewati jam demi jam sampai dengan waktu keberangkatan sekitar pukul 16.00 WIB, akhirnya gw menuju sebuah bus besar berwarna biru dengan logo yang sangat gw kenal sebagai maskapai transportasi darat yang cukup baik namanya di beberapa kota di Nusantara tercinta ini. Hup, gw masuk ke dalam bus, dan langsung menempati 2 buah kursi di bagian belakang bus, satu kursi untuk tas gw, dan satu kursi lagi untuk gw sendiri. Nyaman. Hawa dingin dari AC, keletihan setelah bekerja, dan lantunan lagu dari MP3 Player di kuping gw membuat gw ngantuk. Yang pasti, gw bangun pada saat bus telah mencapai Sentul, lumayan lah rehat gw di bus sore itu.

Tak lama, bus pun melewati pintu tol Ciawi, dan keluar dari jalan bebas hambatan menuju Sukabumi. Bus melaju perlahan selama perjalanan menuju lokasi, arus kendaraan sore itu lumayan padat searah dengan bus yang gw naiki. Karena tidak terbiasa naik kendaraan yang memiliki atap, terus terang gw agak mabuk, hehe.. Akhirnya, sampailah gw di Lido Lake Resort. Fiuhhh, agak keliyengan kepala ini. Tapi udara pegunungan membuat gw kembali segar dalam waktu singkat.

Pembagian kamar, ternyata gw sekamar dengan orang yang belum gw kenal sekali. Yah sudahlah, nikmati saja.

Malam itu ada sedikit acara pencerahan di salah satu ruang pertemuan hingga pukul 23.00 WIB, dan setelah itu, tidur.


Sabtu, 21 Juni 2008

Udara segar membangunkan gw dari tidur pagi itu, eh salah, ini bukan udara segar pegunungan seperti di pikiran gw, tapi AC yang di set suhu rendah, uh sebal. Gw buka jendela, ah ini baru udara segar. Di depan kamar gw terhampar pemandangan perbukitan dan gunung yang hijau, serta danau Lido yang menjadi aset utama Resort yang gw tempati ini. Gw tengok jam, what da’ …, ternyata waktu sudah menunjukkan pukul 07.00 WIB, terlambat untuk sarapan, karena pukul 07.30 WIB kami sudah wajib berkumpul untuk memulai kegiatan Outbound.

Tepat pukul 07.30 WIB gw keluar dari kamar dan menuju lapangan parkir, ternyata sebagian besar rekan-rekan sekerja gw sudah melangkahkan kaki mereka menuju tempat lokasi Outbound. Gw harus berjalan sekitar 15 menit untuk menuju kesana, melewati jalan kecil, jalan menurun yang cukup licin, serta pematang sawah. Namun, pada dasarnya gw cukup menyukai kegiatan Outdoor seperti ini, so, gw enjoy banget deh. Dengan gembira gw melangkahkan kaki meski perut kelaparan karena belum sarapan.

Tak lama, kami dikumpulkan di suatu lapangan terbuka, pembagian kelompok, gw dapet kelompok 2 dengan nama kelompok : Prima. Nama kelompok yang lain adalah Avtur, Pertamax, dan lain-lain, sesuai dengan nama produk yang dihasilkan oleh perusahaan tempat gw bekerja. Untungnya rekan-rekan sekelompok gw sebagian besar adalah rekan-rekan yang sudah gw kenal akrab, jadi gak terlalu masalah dan gw yakin bisa bekerja sama dengan baik.

Kegiatan Outbound di mulai dengan game “Treasure Hunt”, yaitu mencari kotak harta karun berupa sebuah kotak plastik berwarna biru lengkap dengan 4 buah kunci di masing-masing sisinya, entah isinya apa, tapi kami harus cari. Kotak harta karun kami temukan setelah pencaharian sekitar 10 menit.

Lalu, kotak tersebut harus kami bawa melewati pematang sawah, kebetulan anggota lain yang membawa kotak itu, jadi gw agak bebas mengambil photo dengan kamera saku satu-satunya andalan perjalanan gw ini. Sempat kaki gw nyemplung ke sawah, hiks, penuh lumpur. Tapi cuek, begitu nemu rumput agak lebat langsung digeser-geserkan ke sana di bagian yang kotor, karena rumput tersebut masih basah oleh embun maka hasilnya adalah sepatu gw lumayan bersih kembali. Rumput, maafkan daku, hehe.

Kembali kami berkumpul di suatu lapangan setelah berjalan sekitar 20 menit. Lumayan jauh juga, apalagi jalanan menanjak di akhir perjalanan kami, bikin nafas lumayan habis. Sepertinya jadwal berolahraga harus digiatkan kembali nih.

Di lapangan tersebut, kami mengadakan 4 buah permainan. Kami harus memenangkan seluruh permainan untuk mendapatkan kunci pembuka kotak harta karun, ribet amat yah?, padahal kotak plastik lho, di injek aja juga pasti bolong koq, hihi, brutal. Permainan yang harus kami mainkan yaitu :

  • Balance Beam, di permainan ini kami harus mampu menyeberangkan sebuah balok bambu di antara 2 buah utas tali dari satu titik ke titik yang lain, tanpa bambu tersebut menyentuh kedua tali di atas. Alat bantu hanya menggunakan beberapa buah tali lainnya. Di sini kami gagal.

  • Swinging Log. Permainan dimana kami harus melewati sebuah balok bambu yang terikat mengayun di sebuah pohon. Disini sempat terjadi kericuhan, oleh gw tentunya, hehe, karena gw mempertanyakan peraturan dari instruktur Outbound. Disini kami berhasil, kami mendapatkan sebuah kunci.

  • Blind Dragon. Permainan ini mengharuskan kami untuk berbaris dan menutup mata kami kecuali pemandu, dan kami diharuskan melewati rintangan-rintangan sesuai dengan instruksi dari pemandu kami. Di sini kami kembali gagal.

  • Trap Maze, di permainan ini kami harus mengandalkan daya ingat kami untuk melewati kotak-kotak sesuai dengan instruksi dari instruktur Outbound kami. Dan kembali kami gagal.

Jadi, total hanya 1 kunci dari 4 kunci yang disediakan yang berhasil kami ambil.

Permainan berikutnya adalah menyeberangkan kotak harta karun dengan rakit. Oh iya, ternyata isi dari kotak harta karun adalah minuman kaleng dan sarung tangan. Gak worthed banget yak?, hihi. Masing-masing kelompok di bagi menjadi 2 tim. Tim pembangun rakit dan tim pendayung. Kebetulan gw jadi tim pendayung. Nekat. Kapan lagi bisa ngerasain ngedayung rakit yang hanya terdiri dari bambu dan ban dalam bekas, dan hanya di ikat dengan tali. Tantangan, hehe.

Kami diberi waktu 30 menit untuk membuat rakit dan di periksa kelayakannya oleh tim penyelenggara Outbound. Rakit buatan kami sukses dan berhasil lolos uji kelayakan, meski ada beberapa titik yang talinya harus diperkuat.

Lha, ternyata tim pendayung tidak menggunakan rakit buatan tim pembangun dari kelompok yang sama, kami harus menukarkan rakit kami dengan rakit dari kelompok lain. Ya ampun. Tapi yah sudahlah, toh ada tim pemeriksa kelayakan rakit yang telah memeriksa rakit buatan kami dengan cukup teliti, yakin aman deh, dan lagi kami menggunakan piranti keselamatan tambahan koq.

Akhirnya seluruh rakit diturunkan ke danau. Seluruh tim pendayung langsung naik diatasnya. Agak gamang, tapi lumayan asik juga. Dan akhirnya berangkatlah rakit-rakit seadanya buatan kami ini melewati danau Lido dengan panjang lintasan perkiraan adalah sekitar 300 meter dari sisi danau tempat awal kami bermain sampai dengan pelabuhan kecil milik Lido Lake Resort. Gak perlu cerita serunya perjalanan kami melewati danau ini, yang pasti asyik dan capek. Dan hasilnya adalah : Tim pendayung kelompok Prima adalah Juara Pertama. Hip hip horeeeee …

Istirahat dulu ah, capek.

Sekitar pukul 19.00 WIB, makan malam dan acara ramah tamah, dendang lagu mengiringi malam itu sampai dengan pukul 21.00 WIB. Disini gw mendapatkan rezeki sebuah handphone CDMA, lumayan buat jadi hadiah ulang tahun Ayah gw tercinta yang kebetulan ulang tahun tanggal 12 Juni lalu.

Usai acara makan malam dan ramah tamah tadi, kembali salah satu ruangan dipenuhi oleh gw dan rekan-rekan serta para instruktur Outbound. Oom Hamdi, salah satu instruktur Outbound yang juga seorang Psikolog membawakan sebuah game yang lumayan bikin bete, hehe. Gamenya adalah Lelang. Mending tidur deh, maaf oom Hamdi, hehe.

Jam 22.30 WIB, gw kembali mendarat di kasur empuk dan tidur kelelahan. Tangan gw mulai benjol oleh cairan pra kapalan di beberapa titik hasil mendayung tadi. Beberapa sendi reyot di tubuh gw pun mulai sakit, hiks, merana.


Minggu, 22 Juni 2008

Pagi cerah, awal yang indah. Tapi ini hari kedua gw tidak ikut olahraga pagi, males, hehe. Kesempatan sarapan akhirnya bisa gw dapat di pagi itu. Lumayan kenyang.

Permainan dari rangkaian kegiatan Outbound ini ternyata belum berakhir. Usai sarapan, kami berkumpul di pinggir kolam renang. Disana terlihat beberapa alat bantu permainan berupa, lingkaran rotan atau hula hup, tali, ban dalam bekas yang tertutup triplek, serta bambu. Permainan apa lagi yang akan di gelar yah?.

Akhirnya, permainan pun di mulai. Permainan yang kami laksanakan pagi itu sampai menjelang siang, yaitu :

  • Kurang tahu juga nama permainannya, tapi kami harus mengambil bola-bola kecil dalam lingkaran rotan dengan satu tangan oleh satu orang anggota tim yang di ikat dengan tali dan tali tersebut di pegang oleh kami beramai-ramai. Yang tercepat mengambil bola-bola kecil itulah tim yang menang. Tim kami menang di permainan ini.

  • Swinging Log di atas air. Tim kami harus melewati sebuah bambu yang di topang oleh ban dalam bekas. Tim yang paling banyak menyeberangkan anggotanya adalah pemenangnya. Disini kami hanya bisa menyeberangkan 3 orang saja. Gw sendiri gagal dan nyemplung dengan sukses ke kolam renang.

  • Kurang tahu juga nama permainannya, tapi di permainan ini kami harus mampu menaikkan anggota tim kami di atas papan triplek yang diikat pada ban dalam bekas. Tim yang anggotanya paling banyak naik di atas papan triplek itulah yang menang. Disini tim kami pun memenangkan permainan. Tercatat, 5 orang anggota tim kami mampu naik ke atas papan triplek tersebut.

  • Tarik tambang di atas air. Salah satu anggota tim akan berdiri di atas papan triplek yang di ikat pada sebuah ban dalam bekas, sedangkan anggota tim yang lain memegangi ban dalam bekas tersebut agar tetap stabil. Di sini, tim kami pun menang.

  • Tarik tambang di atas air antara peserta dan instruktur Outbound, disini gw ambil bagian. Dan tim peserta Outbound keluar sebagai pemenang.

Permainan usai sekitar pukul 10.30 WIB. Gw pun kembali ke kamar dan mempersiapkan tas beserta isinya untuk persiapan pulang. Pukul 12.00 WIB kami harus sudah check out dari penginapan dan berkumpul di salah satu ruangan di lokasi Lido Lake Resort.

Setelah pengarahan dari beberapa pembicara pihak peserta dan penyelenggara Outbound, serta pengumuman pemenang Outbound dimana kami menjadi salah satu pemenang utama dari tiga pemenang utama lainnya karena memiliki nilai yang sama serta pembagian hadiah bagi pemenang, yang tetap tidak sepadan untuk diperjuangkan karena hadiahnya adalah sebuah mug dan penganan coklat, hiks, akhirnya kami pun kembali menuju ke bus untuk pulang ke Jakarta.

Capek dan letih, kembali gw tertidur di bus selama perjalanan kembali ke kantor, karena di parkiran kantor sudah menunggu si Panjul yang siap di jemput untuk mengantarkan gw pulang kembali ke kamar tidur gw. Lumayan juga pengalaman Outbound selama 3 hari ini.


Thanks To :

  • Allah SWT, untuk perlindungan dan rahmat-Nya

  • Kantor tempat gw bekerja

  • Rekan-rekan satu tim gw pada khususnya, dan seluruh rekan-rekan peserta Outbound pada umumnya

  • LP2MM beserta seluruh timnya, sebagai penyelenggara Outbound

  • Lido Lake Resort, yang telah menyediakan tempat Outbound dan menginap

  • Si Panjul, yang sudah menunggu gw dengan setia di pelataran parkir kantor.

2 Responses to Outbound, Lido – Jawa Barat : 20 – 22 Juni 2008

  1. detchi says:

    punten,,,
    boleh tau no contact lp2mm nya ga ya?
    pengin outbond seru juga ni,,,
    thx b4

    • khoent says:

      detchi :

      punten,,,
      boleh tau no contact lp2mm nya ga ya?
      pengin outbond seru juga ni,,,
      thx b4

      sori eui, gak tau nomor telepon LP2MM nya. lha wong cuma ikutan acara kantor aja koq. :p

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: