Pantai Anyer, Banten : 28 Februari – 01 Maret 2009

Weekend kali ini gw tidak membawa satu pun kendaraan roda dua kesayangan gw, Blekok masih dalam kondisi tidak memiliki rantai dan Panjul masih dalam kondisi agak berisik di mesin dan bermasalah di knalpotnya. Yah sudah, akhirnya gw mengiyakan ajakan teman gw, yang bekerja di tempat yang sama dengan gw, untuk berlibur bersama dia dan kawannya ke pantai Anyer, sebuah tempat di sisi barat pulau Jawa, tepatnya di salah satu pesisir pantai propinsi Banten. Kali ini gw berperan sebagai supir pribadi yang mengendarai kendaraan roda empat, sebuah Sidekick langsiran tahun 1995 menjadi kawan seperjalanan kami menuju lokasi tempat liburan bersama kali ini.

Sendalku, hehe ...

Lumayan juga rasanya diperjalanan kali ini, gak perlu bawa helm atau sleeping bag dan atau perkakas spareparts dan benda-benda lainnya yang biasanya menjadi kawan gw jika ingin jalan-jalan keluar kota. Cukup membawa tas yang berisi pakaian, kebutuhan mandi, handuk, serta notebook dan kawan-kawannya. Di sandang di pundak, dan perjalanan pun di mulai.

Sabtu, 28 Februari 2009

Sabtu pukul 11.00 WIB gw mulai keluar dari tempat tinggal gw. Di ujung gang, sebuah mobil telah terparkir dengan rapi menunggu kedatangan gw. Begitu mendekat ke mobil, sebuah gantungan kunci langsung terlempar menuju gw, yah gw ngerti koq maksudnya, langsung gw menuju bagian depan mobil, masuk ke dalam kendaraan, dan duduk manis di tempat pengemudi. Mesin mulai dinyalakan dan melajulah kami masuk ke jalan bebas hambatan menuju Serpong.

Dari Serpong, kami masuk ke wilayah Tangerang dan kembali masuk ke jalan bebas hambatan menuju Merak. Di sepanjang jalan bebas hambatan ini, mobil yang gw kendarai selalu mengambil sisi kanan, karena di sisi kiri jalan bebas hambatan masih banyak ditemui jalan berlubang dan truk-truk yang menuju merak dengan kecepatan rendah.

Akhirnya mobil yang gw kendarai pun keluar di pintu tol Cilegon Timur, kami bermaksud untuk makan siang terlebih dahulu sebelum menuju Anyer. Waktu saat itu pun sudah menunjukkan sekitar pukul 14.00 WIB, jadi memang sudah waktunya makan siang. Santap siang kali ini gw memilih menu tongseng, salah satu makanan favorit gw.

Perjalanan kami lanjutkan, kami pun mulai menyusuri jalan yang penuh dengan komplek industri. Tersebut salah satu komplek industri tersebut adalah Krakatau Steel. Beberapa komplek industri lain yang gw tidak hapal namanya pun kami lewati meski perjalanan sangatlah perlahan karena banyak terdapat lubang di jalanan yang rusak, serta truk yang berjalan dengan sangat super pelan.

Tak lama, kami pun mulai memasuki daerah pantai. Laut yang berombak mulai terlihat. Namun, karena hari masih cukup sore, maka kami memutuskan untuk melaju lebih jauh sedikit agar bisa melihat lokasi-lokasi lain yang lebih menarik untuk kami jadikan tempat beristirahat nanti malam.

anak krakatau di horison ...

Mobil yang gw kendarai pun melaju terus sampai dengan pantai Carita, namun karena kawan gw tidak merasa cocok dengan beberapa lokasi yang kami temui di sepanjang perjalanan menuju pantai Carita, akhirnya kami memutuskan untuk menyewa salah satu kamar di Patra Jasa, Anyer. Dan disinilah kami akhirnya berlibur.

senja menjelang di patra jasa anyer ...

Malam hari tiba, deburan ombak di balik kegelapan di depan kamar kami terdengar jelas sekali. Titik-titik air sisa ombak serta bau air laut pun dapat gw rasakan saat gw berdiri di pekarangan kamar yang kami inapi ini. Yup, ini karena kamar yang kami sewa hanya berjarak sekitar 20m saja dari bibir pantai, hehe.

Rasa lapar mulai terasa, akhirnya sekitar pukul 21.30 WIB kami pun keluar dari komplek hotel dan menyeberang jalan menuju sebuah rumah makan yang bertajuk “Nasi Uduk Tempo Dulu”, disini kami menikmati hidangan makan malam yang cukup seru dengan harga yang tidak terlalu mahal. Kenyang.

Waktu istirahat tiba, kami pun akhirnya lelap sampai pagi di temani suara deburan ombak sampai pagi, hehe.

Minggu, 1 Maret 2009

Pagi tiba, waktu menunjukkan sekitar pukul 06.30 WIB saat gw bangun dari tidur. Langsung gw menuju keluar kamar dan berjalan ke arah laut yang sangat dekat dengan kamar yang kami tinggali. Kawan gw dan rekannya pun sudah berada di pantai, bermain ayunan dan pasir pantai disana.

Tak lama mereka pun meninggalkan gw untuk sarapan. Gw sendiri yang memilih untuk tidak sarapan, hal ini karena gw memang tidak terbiasa untuk sarapan. Sendiri di pinggir pantai, gw sedikit berfoto-foto disana. Bukan memfoto diri sendiri, namun memfoto lokasi di sekitar tempat gw menginap.

pagi hari di pantai ...

kalpataru resto di atas tebing lho ...

cottage yang kami sewa di patra jasa

katanya tanggul penahan ombak atau pelabuhan kecil ...

ayunan di pantai ...

Setelahnya, kawan gw dan rekannya pun datang. Kami lalu memutuskan untuk berjalan-jalan sampai dengan sisi terjauh dari komplek hotel Patra Jasa itu, dan sepanjang perjalanan kami saling berfoto satu sama lain mengabadikan liburan kami kali ini.

main pasir di pantai ...

terlalu dekat ke pantai, hehe ...

duo narsis yang nekat ...

tembok batas patra jasa dengan layung ...

three stooges on da beach ...

Sepulangnya dari jalan-jalan sepanjang pantai, kami pun menikmati nikmatnya kelapa muda dari seorang pedagang yang membawa gerobak yang penuh dengan kelapa. Segar dan harganya tidak mencekik, hanya lima ribu rupiah per kelapa muda siap saji nya.

Pukul 12.30 WIB, kami pun mulai bersiap untuk pulang menuju ke rumah kami masing-masing.

Perjalanan pulang berakhir sekitar pukul 16.30 WIB saat gw sampai di rumah. Ah senangnya akhirnya bisa melihat laut setelah beberapa hari ini di dera dengan permasalahan pribadi yang kompleks.

petanya ...

Thanks to :

• Allah SWT, yang telah memberikan rakhmat dan rezeki-Nya karena gw bisa berlibur
  • Margie dan Eko Puji, kapan-kapan jalan-jalan lagi yok?, Djogdja atau kemana kek, siap jadi supir deh, hehe, ajak yang lain biar lebih ramai yak?