Gadget Review : Nokia E71 dan Blackberry 8900 Javelin

Sedang bingung memilih antara Nokia E71 atau Blackberry 8900 Javelin?, mungkin tulisan gw di bawah ini bisa membantu (atau malah makin membingungkan, hihi) teman-teman dalam memilih rekan pendamping untuk kebutuhan komunikasi sehari-hari …๐Ÿ™‚

Nokia E71
Nokia E71

BB 8900 Javelin
Blackberry 8900 Javelin

Sekitar beberapa bulan yang lalu di saat-saat awal kepindahan gw ke Medan, perusahaan tempat gw bekerja memberikan fasilitas nomor handphone baru yang sedianya akan digunakan untuk keperluan pekerjaan. Nah, berarti gw butuh handset baru donk untuk nomor handphone baru ini?. Akhirnya, berburulah gw ke salah satu mall di Medan untuk mendapatkan handset ini. Setelah memilah dan memilih serta menyesuaikan dengan budget yang ada, pilihan gw jatuh pada sebuah Nokia E71 berwarna hitam untuk jadi teman gw berkomunikasi dalam bekerja.

Nokia E71 langsung di oprek sesuai kebutuhan gw dari sisi aplikasi. Kebutuhan gw adalah koneksi internet yang baik, email, chat, social networking, dan tentunya blogging. Untuk kebutuhan menelepon dan pesan singkat, gw gak perlu menambahkan aplikasi apa pun, hanya saja gw menambahkan satu aplikasi yang namanya Advanced Call Manager yang berfungsi untuk memfilter siapa saja yang akan mengkontak gw. Bukannya gw tidak ingin dihubungi oleh orang lain yang nomornya belum terdaftar di daftar kontak, tapi gw ada pengalaman buruk sama penipuan via hp.

Untuk koneksi internet, gw meng-upgrade kartu GSM yang tertanam dengan fasilitas internet unlimited. Sip, dengan ini gw gak perlu khawatir dengan tagihan internet karena bayaran per bulannya sudah pasti nilainya.

Untuk email, gw mengandalkan aplikasi dari Gmail, yaitu Gmail mobile, karena account email gw yang paling aktif sebagian besar ada di Gmail, dan Gmail mobile ini mendukung banyak account, jadi sudah cocok dan tanpa komplain.

Untuk chat, account yang gw miliki di Yahoo Messenger, Google Talk, dan Facebook kudu aktif. Setelah browsing kesana kemari, akhirnya gw menginstall eBuddy. Awalnya aplikasi ini cukup baik memenuhi keinginan gw, namun karena ada beberapa hal yang membuat gw kurang sreg, semisal notifikasi, koneksi, dan tampilan yang kurang oke, akhirnya gw kembali menginstall aplikasi lain, yaitu Fring. Nah, akhir-akhir ini aplikasi Fring ini mulai bikin repot karena susah koneksi ke servernya, meskipun dari sisi notifikasi dan tampilan gw suka banget, akhirnya gw mencoba aplikasi lain yaitu Nimbuzz. Sejauh ini, permasalahan koneksi dan tampilan aplikasi tidak ada masalah sama sekali, namun dari sisi notifikasi aplikasi ini tidak sebaik Fring. Tapi ndak papa lha, toh aplikasi gratisan ini sudah cukup bisa memenuhi keinginan gw.

Untuk social networking dan blogging, gw mengandalkan satu aplikasi browser yang gw suka banget, aplikasi tersebut adalah Opera Mini. Browser untuk perangkat mobile ini cukup bisa diandalkan dalam memenuhi kebutuhan gw di atas.

Oh iya, gw juga menambahkan satu aplikasi penting yang selalu gw gunakan kalau gw lagi jalan-jalan, yaitu GarminXT. Aplikasi Maps yang ada di perangkat Nokia E71 sepertinya kurang bisa mendukung keinginan gw, dan akhirnya aplikasi GarminXT menjadi pilihan. Setelah installasi aplikasi dan mendampingkannya dengan peta dari NavNet (www.navigasi.net, thanks to oom Buyung dan rekan-rekan developer, maaf kurang bisa bantu lebih, hiks), Nokia E71 sudah bisa membantu gw dalam merambah rimba gedung dan jalan di Medan ini.

Nah, akhirnya, lengkaplah sudah persenjataan di Nokia E71 yang gw gunakan ini dan sudah cukup memenuhi kebutuhan gw dalam bersosial sehari-hari dengan teman-teman gw yang lokasinya sangat berjauhan seperti saat ini.

Selang beberapa bulan kemudian, sekira awal bulan Juli lalu, gw mendapatkan sebuah perangkat pinjaman dari salah satu operator telekomunikasi untuk di uji coba sehubungan dengan rencana pengadaan alat serupa. Yup, sebuah Blackberry 8900 atau biasa di sebut dengan nama BB Javelin akhirnya mendarat di tangan gw. Uji coba langsung dilakukan.

Karena Nokia E71 yang gw gunakan agak sulit untuk bisa menerima email perusahaan serta kesulitan untuk mengatur kontak email perusahaan dan juga mengakses intranet perusahaan,ย  hal yang pertama gw uji coba adalah dengan meminta agar Javelin ini bisa difasilitasi dengan BES (Blackberry Enterprise Service). Setelah setting sana sini dan ini itu, akhirnya Javelin yang gw gunakan sudah bisa memenuhi kebutuhan gw di atas.

Nah, bagaimana dengan kebutuhan lain seperti yang ada di Nokia E71?, ternyata Javelin ini sudah di dukung oleh para provider koneksi internet, email, chat, social networking, dan blogging yang cukup baik. Untuk koneksi internet, meski hanya mengandalkan GPRS dan maksimum di EDGE, cukup mumpuni lha meski tidak mampu melawan E71 dengan koneksi HSDPA nya.

Untuk email, jangan di tanya, gw cukup mendaftarkan account email gw di situs blackberry operator dan otomatis perangkat Javelin langsung bisa menerima email dengan cukup baik, meski tidak mendukung Threaded Email seperti di Gmail Mobile.

Untuk Chat, sudah siap untuk di download dan di install aplikasi chat client untuk Yahoo Messenger dan Google Talk. Mantab.

Untuk Social Networking semisal Facebook, aplikasinya pun sudah tinggal install saja dan tidak perlu menggunakan browser lagi seperti di Nokia E71.

Untuk Blogging, gw masih mengandalkan browser mobilenya, dan sekali lagi gwย  harus mendownload dan menginstall Opera Mini di perangkat Javelin ini.

Nah, effort installasi aplikasi di Javelin sepertinya lebih sedikit di banding dengan saat awal menggunakan E71 khan?, tapi ingat, kualitas koneksi di Nokia E71 yang sudah mendukung HSDPA serta kemampuan untuk installasi GarminXT yang membuat Nokia E71 bisa semakin mumpuni sebagai GPS mungkin menjadi nilai lebih buat gw pribadi. Mau pilih yang mana yah silahkan pilih sesuai kebutuhan. Karena kebutuhan gw hanya beberapa aplikasi seperti di atas, maka gw hanya me-review sebatas kebutuhan gw saja.๐Ÿ™‚

nb.
Review di atas berdasarkan atas pengalaman pribadi dan tidak ada sangkut pautnya dengan merek-merek yang tercantum dalam tulisan ini.๐Ÿ™‚

10 Responses to Gadget Review : Nokia E71 dan Blackberry 8900 Javelin

  1. Tulus Budi says:

    hmmmmmmm ada yg murah-meriah tapi fitur lumayan yaitu samsung C6625…. plz dibahas bro…

  2. kuro22id says:

    Bro, kalo pingin blackberry dgn koneksi hsdpa pake blackberry bold.

  3. khoent says:

    siyap oom Tulus n oom Kuro, belom dapet pinjeman Samsung C6625 dan BB Bold nya nih soalnya, hihi. Kalo bisa dapat pakai salah satu aja dari tuh dua benda, pasti udah di oprek deh. do’a kan saya yah? … * benteng takeshi .. * ..๐Ÿ™‚

  4. soal harga gimana bro? lebih murah dimana? Pajak Peringgan, Pajak Petisah atau di Kampung Keling? hehehe..๐Ÿ™‚ Anyway, infonya mantap n berguna buat yg lg bingung.. dan mereka akan tetap bingung..

  5. khoent says:

    harga sih udah 11-12 sekarang, paket indosat javelin yang gw tau di kasih harga 4.500k, sedangkan E71 harga pasaran khan sekarang 4.100k. beda tipis lha. Kapan pulang kampung oom?, di tunggu, hihi. Dikit lagi bakal dapet pinjaman Bold nih, abis itu bikin review yang bikin bingung lagi, hihi …๐Ÿ˜‰

  6. sebenarnya ini pilihan yang gampang. kuncinya ada pada BIS (push mail BB). Jika butuh, pilih BB, jika ga butuh, pilih selain BB.๐Ÿ™‚

  7. khoent says:

    betul sekali oom, jika butuh untuk mengakses email korporat yah gunakanlah BB (baik BIS maupun BES), tapi jika cuma pengen nyepam di mailing list komunitas via email gratisan yah silahkan selain BB cukup lha. nah kebetulan javelin yang di pakai kemaren itu adalah sample unit BES dari salah satu operator yang lagi dipinjamkan untuk di ujicoba, hehe. manteb juga sih tuh neng jave. :-p

  8. pan3rut says:

    aku juga pilih nokia e71 black harga rp3400000

  9. gessi says:

    mau tanya donk… yg internet unlimited itu pake apa yah maksudnya??..

  10. khoent says:

    gessi :

    mau tanya donkโ€ฆ yg internet unlimited itu pake apa yah maksudnya??..

    yah ampun, ternyata masih nyangkut yah?, udah lama gak update blog, hihi. yang di maksud internet unlimited adalah kita berlangganan internet via kartu operator baik GSM maupun CDMA, bayarannya biasanya per bulan sekali atau dengan kondisi waktu tertentu yang sudah ditetapkan oleh operator tersebut, pemakaian internetnya adalah tergantung jangka waktu pembayaran tadi, dan selama jangka waktu tersebut kita bisa pakai internet untuk apa saja tanpa batas, baik untuk download, chatting, dll. yah mungkin penjelasan gampangnya sih gitu, hihi. maap yah .. :p

Leave a Reply

