Thread Gmail di Push-mail Client Blackberry

Bagi pemula seperti gw yang sangat terlambat menggunakan Blackberry yang sedang trend sejak beberapa lama lalu, kiranya agak kurang puas dengan fasilitas dari Push-mail Client standard di handheld yang konon kabanya canggih ini. Terutama karena sarana ber-email gw yang utamanya menggunakan domain gmail.com, dan Push-mail Client standard di Blackberry tidak mendukung sistem Thread Email. Mungkin informasi di bawah sudah kurang up to date bagi beberapa rekan yang sudah lebih dahulu mengetahui, namun apa salahnya saling berbagi khan?, mungkin saja ada yang terlambat mengetahui seperti gw, hehe.

Nah, Thread itu apaan sih?, silahkan simak deskripsi di bawah ini :

A threaded discussion is an electronic discussion (such as one via e-mail, e-mail list, bulletin board, newsgroup, or Internet forum) in which the software aids the user by visually grouping messages. Messages are usually grouped visually in a hierarchy by topic. A set of messages grouped in this way is called a topic thread or simply “thread”.
(di sadur dari : http://en.wikipedia.org/wiki/Threaded_discussion)

Contoh dari Thread Email kira-kira seperti ini :

Thread Email ...Thread Email dan jumlah item email di dalamnya

Email dalam Thread ...
Item Email di dalam Thread Email

Yang jika dalam lingkup ber-email ria intinya adalah kumpulan dari percakapan beberapa orang yang saling berbalas email dan dikumpulkan menjadi satu topik diskusi. Jika ada yang kurang mengerti harap acungkan jari, hihi.

Buat gw yang mengikuti beberapa mailing list dengan menggunakan satu account email, tentunya sistem Thread Email ini amat sangat membantu, salah satu fungsinya adalah gw jadi bisa membedakan mana topik yang menarik untuk gw baca dan mana yang tidak. Jadi gw tidak perlu membaca satu per satu email dari sekian ribu anggota mailing list yang saling berbalas-balasan di media elektronik ini. Cukup hanya dengan mencari bahasan mana yang menarik untuk di ikuti pembicaraannya saja.

Nah, pada saat gw mulai menenteng-nenteng handheld canggih (fasilitas perusahaan, hihi) yang namanya Blackberry seri 9000 atau lebih dikenal dengan nama Blackberry Bold ini, fasilitas Thread Email di Push-mail Client standard-nya tidak ada. Akhirnya setelah berburu dengan agak rusuh kesana kemari, gw menemukan (hingga saat ini) dua solusi untuk permasalahan ini, yaitu :

Gmail Mobile untuk Blackberry

Installasinya cukup mudah, cukup akses ke http://m.google.com/mail dengan menggunakan browser standard dari handheld dan nanti akan di pandu untuk download dan proses lanjutannya. Awalnya cukup puas dengan menggunakan aplikasi ini, namun karena email yang masuk sering terlambat dan kurang update sesuai dengan perkembangan topik diskusi di mailing list, entah kenapa, mungkin memang koneksinya yang lambat atau email client yang satu ini memang membutuhkan bandwith yang agak lega, entahlah. Akhirnya gw uninstall aplikasi ini dan kembali pasrah dengan menggunakan Push-mail standard tanpa Thread Email yang sangat gw butuhkan itu, atau gw dengan terpaksa membuka notebook, memasang modem, melakukan koneksi internet, dan membuka browser internet lalu mulai membaca email yang ingin gw baca disana.

Tapi, ada informasi bahwa saat ini Gmail Mobile sudah ada versi 2.0-nya lho, belum di coba, mungkin saja di versi yang terbaru ini pengalaman sebelumnya telah bisa terobati dengan baik.

Enhanced Gmail™ Plug-In.

Setelah mengalami permasalahan dengan menggunakan email client Gmail Mobile seperti yang terceritakan di atas, akhirnya gw mulai menanyakan kepada rekan-rekan di Indosat mengenai keinginan gw ini. Untungnya mereka cukup cepat tanggap lho. Kakak Pipit dan Bang Heru langsung memberikan saran (sebenernya sih gak langsung, cuma biar cepet aja ceritanya, hihi ..) untuk meng-install Enhanced Gmail™ Plug-In untuk Blackberry.

Di awal installasi, ada sedikit error yang terjadi, yaitu Plug-in tidak mau berjalan semestinya dan hanya ada pesan bertuliskan “Please configure a BlackBerry Internet Service Google Mail account … bla bla bla”. Wah, gimana pula nih ceritanya?, kembali lesu eui, hiks.

Akhirnya rusuh googling kesana kemari, masuk dan baca-baca tulisan di forum sana dan sini meski tanpa hasil. Coba-coba sendirian sambil di bantu oleh Kakak Pipit dan Bang Heru. Akhirnya kerusuhan itu membuahkan hasil yang baik, alhamdulillah saat ini lancar jaya deh Plug-in nya bekerja. Caranya adalah :

  • Account email di Gmail gw anggap sudah di buat yah?, hihi …
  • Install Enhanced Gmail™ Plug-In seperti biasa, akses ke www.blackberry.com/gmail dengan menggunakan browser internet di handheld untuk mendapatkan plug-in nya dan install sesuai dengan langkah-langkah yang tertera di layar handheld
  • Buat Account Gmail di fasilitas Blackberry Internet Service dengan menggunakan Browser. Karena gw menggunakan Blackberry dari Indosat, maka gw akses ke http://www.indosat.blackberry.com. Dan aturlah Account email Gmail yang baru disana. Reset Handheld dengan menggunakan key Alt+Shift+Del.
  • Jika account sudah ada sebelumnya, hapuslah account tersebut di fasilitas Blackberry Internet Service dengan menggunakan Browser. Reset Handheld dengan menggunakan key Alt+Shift+Del. Buat kembali Account Gmail di fasilitas Blackberry Internet Service dengan menggunakan Browser. Reset handheld kembali dengan menggunakan key Alt+Shift+Del.
  • Setelah itu cobalah dengan membuat topik baru di salah satu mailing list dan tunggulah beberapa saat sampai beberapa rekan disana mulai membalas email anda. Semoga berhasil yah?, kalo gak berhasil juga, ayo cari aplikasi baru lagi, hihi …

Nah, mudah-mudahan langkah di atas bisa membantu agar rekan-rekan bisa merasakan nikmatnya ber-thread-email dengan menggunakan fasilitas Push-mail standard di Blackberry.

Thanks to :

  • Allah SWT yang telah memberikan rezeki
  • Kakak Pipit dan Bang Heru dari Indosat – Medan
  • Rekan-rekan di forum manapun yang pembicaraannya gw sadap, hihi

3 Responses to Thread Gmail di Push-mail Client Blackberry

  1. info yg berguna. thks bro..🙂

  2. khoent says:

    Stephen Langitan :

    info yg berguna. thks bro.. :-)

    Makasih juga yah oom buat komennya? …🙂

  3. dpouwel says:

    punya gw WM, ntar tak check dulu bisa begitu ga

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: