Sumber Tenaga Cadangan untuk si GetirBerry

Setelah mendapatkan ‘mainan anyar’ langsiran dari RIM yang berseri 9000 dari keluarga besar Blackberry, jadi agak rajin mengutak-atik agar lebih tahu seluk beluk dan kemampuan lebih dari salah satu gadget terbaru di tangan gw ini.

si GetirBerry, sebutan gw untuk sang handheld, di langsir mampu bertahan untuk standby time selama 324 jam dan setara dengan 13.5 hari, atau bisa digunakan untuk talk time selama 4.5 jam, dengan sumber tenaga batere sekuat 1500 mAH. Namun, berkenaan dengan nafsu mengutak-atik dan perlakuan abbusive use kepada si GetirBerry, handheld ini hanya bisa bertahan sekitar 6-7 jam saja sehari. Wah timpang banget yah?, hihi. Dan akhirnya kadang harus panik karena tiba-tiba si GetirBerry melemas kecapekan hampir habis tenaganya sementara di sekitar gw saat itu jauh dari sumber tenaga.

Pencaharian informasi untuk mencari ‘obat kuat’ bagi si GetirBerry pun dilakukan. Mulai dari alternatif pembelian batere baru dengan kapasitas 3500 mAH seharga lebih dari 600 ribu rupiah, atau membeli batere cadangan orisinilnya dengan EBC (External Battery Charger, cmiiw) seharga lebih dari 500 ribu rupiah, dan akhirnya pilihan jatuh pada sebuah battery box berkapasitas 2500 mAH seharga sekitar 290 ribu rupiah termasuk ongkos kirim dari sebuah kota di pulau Jawa ke kota Medan.

Baterry Box bisa diibaratkan sebagai sebuah harddisk external. Bedanya adalah bahwa harddisk external berfungsi untuk menyimpan data, sedangkan battery box menyimpan listrik. Di saat gw membutuhkan tenaga cadangan untuk si GetirBerry, gw cukup mencolokkan sumber tenaga cadangan ini tanpa perlu repot mencari-cari stop kontak seperti biasanya.

Seperti apa sih bendanya?, bendanya cukup kecil koq jika dibandingkan dengan bungkus rokok. Paket yang disertakan dengan baterry box ini adalah juga termasuk dengan beberapa jenis kepala charger yang umum digunakan pada beberapa handheld yang beredar di pasaran. Termasuk untuk si GetirBerry tentunya.

Battery box dengan kepala charger untuk si GetirBerry

Untuk kemudahan dalam mobilitas, gw menyandingkan si GetirBerry dan battery box ini bersama dengan sebuah pouch atau tas kecil yang memiliki dua buah tempat penyimpanan. Nah, perhatikan gambar-gambar berikut, kira-kira jadi seperti ini lah penampakannya.

battery box di saku depan pouch

si GetirBerry tercharge di saku utama pouch

penampakan saat siGetirBerry tercharge di dalam pouch

kabel panjang memudahkan penggunaan saat sedang tercharge

Pada saat ingin menggunakannya sambil mencharge dengan posisi pouch ada di ikat pinggang, battery box ini dilengkapi dengan kabel sepanjang sekitar 1 meter yang membuat gw jadi mudah dan leluasa untuk tetap bisa mengutak-atik si GetirBerry.

Entah pilihan gw tepat atau tidak, atau mungkin ada alternatif lain, gw merasa pilihan yang gw pilih dalam menentukan sumber energi cadangan bagi si GetirBerry saat ini adalah yang terbaik. Dengan waktu charge sekitar 4-5 jam untuk battery box dari posisi kosong sampai penuh dan bisa di tinggal tidur saat malam hari, dan di saat penuh mampu mencharge batere si GetirBerry hingga 1.5x lebih, gw rasa trik ini cukup mumpuni.

Rekan-rekan ada trik atau metode lain dengan biaya terminim dan cara termudah?, mari kita berbagi ide …

3 Responses to Sumber Tenaga Cadangan untuk si GetirBerry

  1. cuba pake batere dengan kapasitas lebih besar bro, misalnya yang 2400 mAh..
    lumayan buat cadangan, selain dari battery box ini.
    btw belinya dari pak Johanus S ya..hehehe

  2. Tozzy says:

    mantapsss, gaaan.

    terus-terang, gw mulai illfill ama badaiberry gw. masak sehari mesti nge-charge 2-3 kali, euy😦 .
    jadi pengen balik lagi pake SE. X10 kayaknya lucu tuuh … atau sekalian nyobain aipun 4 yaa …? (ngimpi mode on)😀

Leave a Reply

